Mengenal Microsoft Visual Basic 2010


Visual Basic 2010 merupakan salah satu bagian dari produk pemogramana terbaru yang dikeluarkan oleh Microsoft, yakni Microsoft Visual Studio 2010. Visual Studio merupakan produk pemograman andalan dari Microsoft Corporation, di mana di dalamnya berisi beberapa jenis IDE pemograman seperti Visual Basic, Visual C#, Visual C++, Visual Web Developer, & Visual F#.

Semua IDE pemograman tersebut sudah mendukung penuh implementasi .Net Framework terbaru, yaitu .Net Framework 4.0 yang merupakan pengembangan dari .Net Framework 3.5. Adapun database standar yang disertakan adalah Microsoft SQL Server 2008  express.

Visual Basic 2010 merupakan versi perbaikan dan pengembangan dari versi pendahulunya, yakni Visual Basic 2008. Beberapa pengembangan yang terdapat di dalamnya antara lain dukungan terhadap pengembangan aplikasi menggunakan Microsofft SilverLight, dukungan terhadap aplikasi berbasis Cloud Computing, serta perluasan dukungan terhadap database, baik standalone ataupun database server.

Bahasa Visual Basic 2010 sendiri awalnya berasal dari bahasa pemograman yang sangat populer di kalangan programmer komputer, yakni bahasa BASIC, yang oleh Microsoft diadaptasi dalam program Microsoft Quick BASIC. Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi komputasi serta desain, Microsoft mengeluarkan produk yang dinamakan Microsoft Visual Studio dengan Visual Basic di dalamnya.

Langkah pertama yang akan kita pelajari adalah IDE (Integrated Development Enviroment) dari visual basic.net. Untuk menjalankan Microsoft Visual Studio 2010 pilih Start --> All Program --> Microsoft Visual Studio 2010. Maka pada layar akan muncul tampilan gambar seperti ini:

Mengenal Microsoft Visual Basic 2010, sejarah visual basic, memulai menggunakan vb.net, belajar vb.net bagi pemula, membuat project baru pada vb.net


Untuk membuat project visual basic.net silahkan pilih Menu File --> New Project atau bisa juga dengan menekan tombol CTRL + N. Maka akan muncul sebuah dialog seperti gambar berikut ini:

Mengenal Microsoft Visual Basic 2010, sejarah visual basic, memulai menggunakan vb.net, belajar vb.net bagi pemula, membuat project baru pada vb.net


Pilih Windows Forms Aplikation, dan beri nama sesuai program yang akan dibuat, sebelumnya pastikan yang dipilih adalah bahasa pemograman visual basic. Setelah itu klik OK maka akan muncul tampilan Visual Basic.Net IDE untuk membangun sebuah aplikasi. Pada IDE Visual Basic.Net untuk WindowsApplication1 akan terdapat sebuah form untuk meletakkan kontrol-kontrol atau komponen untuk menyusun sebuah aplikasi. Form dan kontrol inilah yang sering disebut GUI (Graphical User Interface) atau antar muka dari program visual basic.net.

0 Response to "Mengenal Microsoft Visual Basic 2010"

Post a Comment